Budaya Perusahaan dan Kode Etik
Perusahaan menjalankan kode etik sebagai komitmen untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Penerapan kode etik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai visi Perusahaan untuk menjadi “Panutan yang paling dihormati, dicintai dan dipercaya di industri supermarket Indonesia.”
Kode Etik dan Budaya Perusahaan mengacu pada praktik industry terbaik dengan memperhatikan kesesuaian terhadap norma-norma dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Kode etik tersebut berlaku bagi Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan Perusahaan. Kode etik dan budaya Perusahaan pada dasarnya membahas perlindungan kepentingan karyawan, aspek keselamatan, kesehatan, menghormati mitra bisnis, serta perlindungan kepentingan masyarakat dan pemerintah.
Perusahaan melakukan upaya sosialisasi dan pemantauan secara konsisten agar Kode Etik dan Budaya Perusahaan benar-benar mendasari sikap dan perilaku kerja pegawai sehari-hari.
Untuk mendukung penerapan Kode Etik dan Budaya Perusahaan termasuk tata cara penerapan, pelaporan, pemantauan dan evaluasinya, Perusahaan aktif melaksanakan sosialisasi dan publikasi di setiap orientasi pegawai baru serta pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh internal Perusahaan dan setiap acara formal yang diselenggarakan oleh Perusahaan. Pelanggaran kode etik dapat berdampak pada peringatan hingga pemutusan hubungan kerja
Berikut pokok-pokok kode etik Perusahaan berikut penjabarannya:
Hubungan dengan sesama karyawan dan manajemen
- Kepemimpinan
- Positive thinking
- Optimis
- Coaching dan counseling
- One firm concept
- Menjadi panutan dan saling mengingatkan
- Menghargai dan menjaga hubungan baik antar sesama
Kerjasama antar karyawan
Hubungan antar sesama karyawan atau rekan kerja
Hubungan dengan bawahan
Hubungan dengan atasan
Larangan pelecehan, diskriminasi dan intimidasi
Hubungan dengan Perusahaan
- Bekerja secara professional
- Menggunakan dan menjaga aset Perusahaan
- Menjaga kerahasiaan
- Mencegah benturan kepentingan
- Menggunakan pakaian (seragam) dan atribut kerja dengan rapi
- Penggunaan corporate identity dan menjaga nama baik Perusahaan
- Pemberian kesempatan yang sama kepada karyawan untuk mendapatkan pekerjaan, promosi dan pemberhentian kerja
- Kepedulian terhadap kesehatan, keselamatan dan lingkungan kerja
Hubungan dengan pelanggan
- Komitmen pelayanan terhadap pelanggan
- Keamanan pangan dan menjaga kualitas produk
- Penjualan dan pengiklanan produk
Hubungan dengan pemasok dan vendor
- Evaluasi yang obyektif dalam pengadaan produk, perlengkapan dan peralatan Perusahaan
- Informasi harga penawaran
- Potongan harga/diskon/komisi
- Perlakuan yang adil terhadap pemasok dan vendor
- Penerimaan produk contoh, hadiah dan sponsorship
Hubungan dengan stakeholders lainnya
Komitmen terhadap lingkungan dan masyarakat
Tanggung jawab sosial Perusahaan
Kode etik Perusahaan disusun berdasarkan Nilai-Nilai Perusahaan, yaitu:
Menjual produk makanan berkualitas tinggi
- Cinta akan makanan
- Standard kualitas
Memuaskan pelanggan kami
- Pelayanan pelanggan yang terbaik
- Inovasi
- Lingkungan toko yang menarik
Kebahagiaan dan keunggulan dari anggota tim
- Pendelegasian di lingkungan kerja
- Tanggung jawab pribadi
- Tim yang Mandiri
- Berpandangan terbuka
- Kemajuan bertahap
Menciptakan kemakmuran melalui pertumbuhan dan keuntungan
- Konsep melayani
- Perkembangan dan keuntungan
Kode etik dan budaya Perusahaan adalah menjadi pedoman dan pengarah perilaku karyawan dalam pencapaian visi dan misi Perusahaan, yang didalamnya terkandung nilai-nilai dan budaya Perusahaan.